Laporan Bioteknolgi_Pembuatan Media Kultur Jaringan PDF

30 pages
134 views
of 30
All materials on our website are shared by users. If you have any questions about copyright issues, please report us to resolve them. We are always happy to assist you.
Share
Description
Laporan Pembuatan Media Kultur Jaringan
Tags
Transcript
  LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI “PEMBUATAN MEDIA KULTUR JARINGAN”   Disusun Oleh :  Nama : Frelyta A. Z.  NIM : 115040201111290 Kelompok : Selasa, (06.00 WIB) Asisten : Dita Pahlevi PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012  BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Kultur jaringan tanaman merupakan bagian suatu teknik perbanyakan vegetatif nonkonvensional. Perbedaan teknik ini dibandingkan dengan teknik perbanyakan vegetative konvensional biasanya terletak dalam situasi dan lokasi yang berbeda. Penerapan teknikkultur jaringan tanaman mensyaratkan kondisi di dalam ruangan (laboratorium) dan sifatnya aseptik (steril dari patogen). Media merupakan faktor utama dalam perbanyakan dengan kultur jaringan. Keberhasilan perbanyakan dan  perkembangbiakan tanaman dengan metode kultur jaringan secara umum sangat tergantung pada jenis media. Media tumbuh pada kultur jaringan sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan eksplan serta bibit yang dihasilkannya. Oleh karena itu, berbagai komposisi media kultur telah diformulasikan untuk mengoptimalkan  pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dikulturkan. 1.2   Tujuan Tujuan dari praktikum ini adalah sebagai berikut :    Untuk mengetahui jenis jenis media kultur jaringan dan aplikasi penggunannya    Untuk mengetahui komposisi dan unsur dalam media MS    Untuk mengetahui teknik teknik aseptic pembuatan media    Untuk mengetahui dan memahami rumus perhitungan larutan stok  1.3 Manfaat Manfaat yang dapat diperoleh dari praktikum ini adalah sebagai  berikut :    Agar memahami jenis-jenis media pada kultur jaringan.    Agar memahami Komposisi dan Fungsi Unsur Dalam media MS    Agar mengetahui teknik-teknik aseptik dalam pembuatan mediaRumus perhitungan larutan stok .  BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Jenis-jenis Media Kutur Jaringan serta Aplikasi Kegunaannya Formulasi media kultur jaringan pertama kali dibuat  berdasarkan komposisi larutan yang digunakan untuk hidroponik, khususnya komposisi unsur-unsur makronya. Unsur-unsur hara diberikan dalam bentuk garam-garam anorganik. Beberapa media dasar yang banyak digunakan antara lain: a) Media Knop Dapat juga digunakan untuk menumbuhkan kalus wortel. Kultur kalus, biasanya ditumbuhkan pada media dengan kosentrasi garam-garam yang rendah seperti dalam kultur akar dengan  penambahan suplemen seperti glucosa, gelatine, thiamine, cysteine-HCl dan IAA. b) Media White Dikembangkan oleh Hildebrant untuk keperluan kultur jaringan tumor bunga matahari, ditemukan bahwa unsur makro yang dibutuhkan kultur tersebut, lebih tinggi dari pada yang dibutuhkan oleh kultur tembakau. Unsur F, Ca, Hg dan S pada media untuk tumor bunga matahari ini, sama dengan media untuk jaringan normal yang dikembangkan kemudian. Konsentrasi NO3- dan K+ yang digunakan Hildebrant ini lebih tinggi dari media white, tetapi masih lebih rendah dari pada media-media lain yang umum digunakan sekarang.
Related Search
We Need Your Support
Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. To the running of this website, we need your help to support us.

Thanks to everyone for your continued support.

No, Thanks